Minggu, 25 November 2012

Fakta Melati

Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Di Indonesia, salah satu jenis melati dijadikan sebagai "puspa bangsa" atau simbol nasiaonal yaitu melati putih (Jasminum sambac), karena bunga putih kecil yang harum ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini. Bunga ini merupakan suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku jawa dan sunda. Jenis lain yang juga populer adalah melati gambir (J. officinale). Di Indonesia nama melati dikenal oleh masyarakat di seluruh wilayah Nusantara.
Di Italia, melati casablanca (Jasminum officinalle), yang disebut Spanish Jasmine ditanam tahun 1692 untuk dijadikan parfum . Tahun 1665 di inggris dibudidayakan melati putih (J. sambac) yang diperkenalkan oleh Duke Casimo de Medici. Dalam tahun 1919 ditemukan melati J. parkeri di kawasan India Barat Laut yang kemudian dibudidayakan di Inggris pada tahun 1923.

Jasmine tea 

teh hijau dengan bunga melati sejak lama telah di konsumsi di china yang di kenal sebagai Mo Li Hua cha. sementara di Okinawa Jepang , teh melati di kenal sebagai Sanpin cha   (さんぴん茶).


Jasmine sirup

Jasmine sirup, terbuat dari bunga melati, digunakan sebagai bumbu.

Jasmine minyak atsiri

Jasmine minyak esential yang umum digunakan. Bunga melati tersebut diekstraksi dengan metode padat karya dari enfleurage atau melalui ekstraksi kimia.minyak ini terkenal dengan harganya yang selangit. Bunga-bunga harus berkumpul di malam hari karena bau melati yang lebih kuat setelah gelap. Bunga-bunga yang diletakkan di atas kain kapas direndam dalam minyak zaitun selama beberapa hari dan kemudian diekstraksi meninggalkan esensi melati yang benar. Beberapa negara produsen minyak esensial melati adalah India, Mesir, China dan Maroko.

Jasmine mutlak digunakan dalam parfum dan dupa

Banyak spesies melati yang digunakan dalam parfum dan dupa. Kandungan kimia melati  meliputi metil anthranilate , indol , benzyl alcohol , linalool, dan skatole.
 
 Sepanjang India, terutama di negara-negara barat dan selatan, melati (bersama dengan bunga lainnya, termasuk mawar) yang dibudidayakan di rumah-rumah pribadi, di dalam kebun atau sebagai tanaman pot. Bunga-bunga ini digunakan dalam ibadah rutin di rumah maupun untuk hiasan rambut (untuk anak-anak dan perempuan dari rumah). Jasmine juga dibudidayakan secara komersial, baik untuk tujuan domestik dan lainnya (seperti digunakan dalam industri parfum). Hal ini digunakan dalam ritual seperti pernikahan, upacara keagamaan, dan festival. Di Yatra Chandan tuan Jagannath , dewa dimandikan dengan air rasa dalam pasta cendana dan jasmine.Madurai Jasmine (Madurai Malli) sangat terkenal di negara bagian selatan Tamil Nadu
Vendor bunga melati menjual siap pakai karangan bunga melati, atau dalam kasus motiyaa tebal (dalam bahasa Hindi ) atau mograa (di Marathi ) varietas, tandan bunga melati, serta bunga berat, adalah pemandangan umum di jalan-jalan kota di banyak bagian India. Mereka dapat ditemukan di sekitar pintu masuk ke kuil, pada thoroughfares utama, dan di area bisnis utama (termasuk berdiri bus). Hal ini biasa terjadi sejauh utara Mumbai , dan umumnya dari Maharashtra selatan melalui semua India Selatan. Jasmine vendor juga dapat ditemukan di Kolkata , meskipun penjualan di pinggir jalan yang sedikit di sana, karena pada wanita India Utara dan perempuan pada umumnya, oleh tradisi, tidak memakai bunga di rambut mereka.
Perubahan presiden di Tunisia pada tahun 1987  dan Revolusi Tunisia dari 2011 keduanya "revolusi Jasmine" yang disebut dalam referensi ke bunga.

Bunga melati juga digunakan sebagai simbol selama 2011 Chinese protes pro-demokrasi di Republik Rakyat Cina

Di Suriah , melati adalah bunga simbolis Damaskus , yang disebut Kota Jasmine.

Di Thailand , bunga melati yang digunakan sebagai simbol untuk ibu

" Jasmine " juga nama yang populer di berikan orang tua kepada anak perempuan mereka

 

Jasmine sebagai bunga nasional

Beberapa negara dan negara menganggap melati sebagai simbol nasional . Mereka adalah sebagai berikut:
  • Filipina : Jasminum sambac adalah bunga nasional. Diadopsi pada tahun 1935, ini dikenal sebagai " Sampaguita "di pulau-pulau. Hal ini biasanya dirangkai dalam karangan bunga yang kemudian digunakan untuk menghiasi gambar religius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih telah berkunjung ke blog saya, berkomentarlah dengan sopan .. ^^