Minggu, 21 Oktober 2012

SEJARAH PENDEK BOLPEN


Bolpen atau pena sangat berguna dalam kehidupan kita . entah itu untuk menulis , menggambar atau yang lainnya.pena yang ada sekarang adalah hasil penyempurnaan dari pena – pena zaman dulu.
berawal dari bulu angsa
pada abad pertengahan , orang – orang eropa menggunakan pena dari bulu angsa untuk menulis. ujung bulu angsa itu mereka beri tinta . sementara ,  orang – orang timur tengah biasa menulis menggunakan batang alang alang air. sedangkan di jepang dan china , menulis dan melukis dengan menggunakan kuas.namun , semua itu memiliki kelemahan yang sama yang kadang kala merepotkan penggunanya . itu disebabkan oleh tinta yang berceceran dan bahkan tumpah di atas kertas.
seorang jurnalis
Bolpoin diciptakan seorang jurnalis hungaria , laszlo biro pada tahun 1938. pak biro memperhatikan bahwa tnta yang digunakan dalam percetakan surat kabar mengering  dengan cepat dan tidak meninggalkan noda pada kertasnya.
bersama saudara lelakinya , pak biro mengembangkan ujung pena yng berupa sebuah bola yang dapat berputar dengan bebas pada sebuah lobang . karena bola kecil itulah maka pena baru itu dinamakan ball point atau biasa disebut bolpen.
rancangan ini kemudian dipatenkan di argentina pada 10 juni 1943 dan di jual dengan merek birome, yang masih bertahan hingga saat ini.
bolpen luar angkasa
sebelum menggunakan bolpoin khusus , para astronot memakai pensil karena bolpoint biasa tidak akan bisa digunakan karena tekanan di luar angkasa akan menyedot habis tinta.
akhirnya, pada juli 1966, paul fisher merancang bolpen khusus luar angkasa . bolpen rancangan fisher ini di uji di bawah air , ruang tanpa bobot , dan tekanan hampa.pada tahun 1967, bolpen ini lulus uji dan di pakai para astronot apollo.tinta bolpen ini mampu melawan tekanan hampa diluar angkasa. bahkan tinta di jamin tidak akan kering dalam 100 tahun.. wah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih telah berkunjung ke blog saya, berkomentarlah dengan sopan .. ^^