Sabtu, 29 Maret 2014

Tanaman Ekor Kucing ( Acalypha hispida )

Acalypha hispidasi Tanaman Chenille , merupakan tumbuhan asli semenanjung melayu.dan menyebar di banyak tempat di Hawaii dan Oceania.tumbuhan di kenal juga dengan nama Medusa Philipina , red hot cat's tail dan fox tail(inggris),  pokok ekor kucing (Malaysia), Rabo de Gato (portugis) dan Tai tượng đuôi chồn (Vietnam) Acalypha hispida  tanaman hias yang sangat menarik karna kombinasi bulu dan warna yang cerah.


CONTOH PEMAKAIAN DI MASYARAKAT

Vitiligo

penyakit vitiligo merupakan suatu kondisi medis yang ditandai dengan kehilangan pigmentasi kulit dan membran mukosa secara progresif yang terjadi karena rusaknya melanosit, hal ini menyebabkan :

  • Timbulnya bercak-bercak putih pada kulit.
  • Pemutihan pada rambut, bulu mata, alis atau jenggot,
  • Hilangnya warna pada selaput lendir dalam mulut, dan kehilangan warna lapisan pada retina mata.
  • Perubahan warna biasanya dimulai dari bagian-bagian yang terkena cahaya matahari seperti tangan, kaki, lengan, wajah dan bibir.
cara pengobatan :
Cuci segenggam daun segar dan kencur seukuran 1/2 ibu jari sampai bersih, lalu giling sampai halus. Balurkan pada bagian tubuh yang berbercak putih, lalu balut. Lakukan pengobatan ini setiap hari.

Luka berdarah

  • Untuk menutup luka, cuci segenggam daun segar tanaman ekor kucing  sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Tempelkan pada luka, lalu balut dengan kain perban.
  • Cuci bunga segar tanaman ekor kucing dan pinang secukupnya sampai bersih, lalu kunyah. Selama dikunyah, dapat ditambah sedikit jahe, kencur, dan daun pulai yang masih muda.Telan air kunyahannya dan buang ampasnya. Lakukan beberapa kali dalam sehari.
  • Giling 30 g bunga segar tanaman ekor kucing dan 30 g gula enau sampai halus. Selanjutnya, makan campuran tersebut. Lakukan 3 kali sehari sampai sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih telah berkunjung ke blog saya, berkomentarlah dengan sopan .. ^^