Selasa, 22 April 2014

negara - negara yang di lalui garis khatulistiwa


Ekuator atau garis khatulistiwa adalah sebuah garis imajinasi yang di gambarkan di tengah - tengah planet diantara dua kutub dan paralel terhadap poros rotasi planet. garis khatulistiwa membagi bumi menjadi dua bagian yaitu belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. garis lintang ekuator adalah 0 derajat. panjang  garis khatulistiwa bumi sekitar 40.070 km.

di khatulistiwa , matahari berada tepat diatas kepala pada tengah hari pada equinox. panjnag siang hari sama sepanjang tahun , sekitar 12 jam.
bagian bumi yang di lewatr garis khatulistiwa kebanyakan samudera. namu beberapa negara juga di lewati termasuk indonesia. dianataranya brazil ,ekuador, gabon , galapagos islands, gilbert island, kenya , kongo , kolombia, phjoenix island, somalia , uganda , line , maladewa , sao tome , dan principe.

khusus indonesia merupakan negara kepulauan yang banyak di lalui garis ekuator ini . di sebelah barat pulau sumatera  (bonjol , sumbar), lingga, satu pulau kecil dekat sumatra , lini .
bagian tengah , pontianak kalimantan barat .
bagian timur , sulawesi dan halmahera , serta pulau-pulau kecil di sekitarnya.


dengan demikian , indonesia merupakan negara kepulauan terbanyak yang di lalui oleh garis khatulistiwa. juga merupakan satu -satunya negara di asia yang di lalui garis ekuator ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih telah berkunjung ke blog saya, berkomentarlah dengan sopan .. ^^