Selasa, 04 Maret 2014

FENILKETONURIA , apa ya ?



“Mengandung Fenilalanin . tidak cocok untuk penderita fenilketonuria”

Kebanyakan makanan instan yang beredar di pasaran sekarang ini banyak yang memberikan peringatan ini pada kemasannya bagi para penderita Fenilketonuria untuk tidak mengkonsumsi ini..dan ini .  jadi apa sih Fenilketonuria itu?

Fenilketonuria (inggris:Phenylketonuria, PKU) adalah gangguan desakan autosomal genetis yang dikenali dengan kurangnya enzim fenilalanin hidroksilase (PAH). Enzim ini sangat penting dalam mengubah asam amino fenilalanina menjadi asam amino tirosina. Jika tubuh kekurangan PAH, fenilalanina akan mengumpul dan berubah menjadi fenilketon, yang bisa dideteksi dari urin.

Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menimbulkan masalah dalam perkembangan otak, menyebabkan fungsi mental menurun drastis dan serangan-serangan. Meski demikian, PKU merupakan salah satu dari sedikit penyakit genetis yang bisa dikendalikan melalui diet. Pasien yang diet rendah fenilalanina dan tinggi tirosina hampir dapat sembuh total.

Penderita tidak cocok memakan sesuatu yang mengandung fenilalanin.Fenilalanina terdapat dalam makanan yang mengandung protein dan dalam beberapa pemanis buatan. Membangun asam amino di otak menyebabkan keterbelakangan mental dan lain masalah serius.

Ibu yang memiliki tingkat darah tinggi fenilalanina sambil membawa bayi mereka di dalam rahim juga memiliki risiko tinggi memiliki bayi dengan:
  • keterbelakangan mental
  • keterlambatan perkembangan
  • ukuran kepala kecil (mikrosefalus)
  • ruam kulit atau eksim
  • adil kulit karena kurangnya kulit pigmen
  • masalah jantung.
Bayi dengan PKU mungkin juga memiliki bau apak badan berkat fenilalanina berlebihan dalam tubuh.PKU mempengaruhi 1 dalam 10.000 hingga 1 di 15.000 bayi yang baru lahir di Amerika Serikat.
Sejak tahun 1960-an semua bayi diputar untuk PKU. Dengan demikian, kasus-kasus yang parah PKU dan konsekuensi-konsekuensinya adalah ini jarang terlihat.

Untuk keterangan lebih lanjut , bisa hubungi dokter anda (^.^)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih telah berkunjung ke blog saya, berkomentarlah dengan sopan .. ^^