Rabu, 17 April 2013

KOLAGEN . . . COLLAGEN



Kolagen adalah sekelompok protein alami yang banyak di temukan pada hewan. Terutama dalam daging dan jaringan ikat vetebrata. Kolagen juga adalah komponen utama dari jaringan ikat, dan protein yang paling melimpah pada mamalia yaitu sekitar 25% - 35% kndungan kandungan protein keseluruhan. Kolagen dalam bentuk memanjang (fibril)kebanyakan di temukan di jaringan berserat seperti tendon , ligamen dan kulit. Juga melimpah pada kornea , tulang rawan , tulang , pembuluh darah, usus, cakram intervertebralis. Fibrolast adalah sel yang paling umum menciptakan kolagen.
Gelatin , yang di gunakan dalam makanan dan industri adalah kolagen yang telah ireversibel tehidrolis.

Kolagen secara luas digunakan dalam konstruksi kulit buatan pengganti digunakan dalam pengelolaan parah luka bakar . Ini kolagen mungkin berasal dari sapi, kuda atau babi, dan bahkan sumber daya manusia dan kadang-kadang digunakan dalam kombinasi dengan silikon , glukosaminoglikan , fibroblas , faktor pertumbuhan dan zat lainnya.
Kolagen juga banyak di gunakn pada krim kecantikan sebagai anti penuaan(anti aging), tetapi pemakaiannya hanya akan menampakkan hasil setelah pemakaian dalan jangka waktu panjang. Ada banyak makanan dan buah yang berfungsi memperbaiki dan melindungi  kandungan kolagen alami, berikut beberapa di antaranya :

Stawberry
Strawberry  memil;iki kandungan vit c yang tinggi yang berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan merangsang pembentukan kolagen hingga memberikan efek halus pada kulit.strawberry juga mengandung asam ellagic yang melindungi serat elastis,yang bertugas menjaga struktur kulit tetep utuh, menjaga kekencangan , dan menjaga dari enzim perusak kulit .

Bawang putih
Bawang putih mengandung belerang yang bertugas membantu memproduksi  asam kolagen, juga mengandung banyak asam taurine dan lipoid yang bertugas memperbaiki serat kolagen.

Buah tomat
Tomat banyak mengandung banyak likopen yang merupakan anti oksidan tinggi yang mempunyai fungsi kolagenase yaitu enzim yang merusak ikatan peptida pada kolagen

Ikan
Mengkonsumsi ikan yang banyak mengandung omega 3 seperti tuna , salmon , trout , dapat membuat kulit lebih bercahaya. Kandungan asam lemak omega 3 EPA (asam eicosapentaenoic) berperan dalam pembentukan kolagen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih telah berkunjung ke blog saya, berkomentarlah dengan sopan .. ^^