Jumat, 03 Juni 2016

Tips Kantor Sehat

Ruang kerja merupakan ruangan yang penting dalam hidup kita. bila ruangan ini tidak bersih dan tidak nyaman. tentu semua efek kita yang akan merasakan.
pekerjaan yang menyita waktu kadang membuat ruang kerja kita malah membuat kita merasa sakit bahkan sebelum memulai pekerjaan. 
Green Work Place merupakan ruang kerja ideal dimana faktor alam dan penghematan energi di perhatikan dengan baik sehingga kesehatan tubuh pekerja terjaga.
berikut ini beberapa hal yang harus ada dalam lingkungan kerja ideal yang berharmoni dengan alam sekitar 
  • Cahaya Matahari
pencahayaan langsung dari sinar matahari  meningkatkan produktivitas manusia.mengurangi kelelahan dan stres.kita harus memastikan ruang kerja mendapatkan penerangan langsung dari sinar matahari.selain meringankan lelah , sinar matahari dapat meningkatkan mood kerja , menghambat penuaan retina , dan mengurangi efek silau.
  • Tanaman di sekeliling ruang kerja
selain terlihat indah , tanaman juga membantu mengusir polusi di ruang kerja.penelitian yang di lakukan oleh NASA di Amerika telah menghasilkan beberapa fakta yang menarik. dalam tes yang berlansung selama 2 tahun itu ditemukan beberapa jenis tanaman hias memiliki efek mengurangi polusi di ruang kerja. 
diantaranya , ivy , krisan , lily , palms parlour , evergreen china , dan philodendron.

  • Hemat Listrik
banyak barang menggunakan listrik di ruangan kerja , dan itu semua mengandung Radiasi yang memberikan efek kurang menguntungkan bagi diri seseorang.
arus listrik dapat menciptakan medan elektromagnetik. medan ini bisa menjadi sumber stres, kelelahan, ketegangan , dan rasa frustasi.
bila seseorang terlalu sering terpapar radiasi elektronik ini akan sering merasa ngantuk , sakit kronis , gangguan tidur , cepat emosi dan tidak tenang.
bahkan telepon selular merupakan pemicu radiasi paling besar diantara banyak peralatan elektronik lainnya. WHO (badan kesehatan dunia) mengumumkan secara resmi radiasi telepon seluler cukup besar sehingga memicu kanker , terutama kanker otak

  • Menjaga Kerapihan Kantor
kantor yang rapi dan bersih mampu menciptakan suasana kerja yang nyaman , membuat pikiran jernih dan mengurangi stres.
biasakanlah meletakkan barang pada tempatnya masing-masing.